02 August

makloon adalah
makloon

Makloon adalah istilah yang dipakai untuk mendefinisikan sebuah cara berbisnis yang mencari produsen lain untuk memproduksi sejumlah barang yang nantinya akan dijual kepada konsumen. Pemilik bisnis yang memakai jasa makloon biasanya tidak terlibat langsung dalam proses pembuatan barang, mereka hanya mendeskripsikan detail produk yang akan diproduksi dan lebih fokus memasarkan produk. Penyedia jasa makloon sangat dicari oleh pebisnis karena terbukti sangat memudahkan mereka dalam proses produksi barang. Kerja sama antara pemilik bisnis dan produsen merupakan solusi terbaik dalam dunia bisnis karena saling menguntungkan satu sama lain.

Pemilik bisnis yang menggunakan jasa makloon sebenarnya memiliki tiga keuntungan dalam bisnis mereka yaitu kemudahan, hemat, dan efisien. Pemilik bisnis yang baru terjun di industri tertentu seperti bidang fashion atau kosmetik tidak perlu menggarap bisnisnya terlalu dalam dengan memulai membangun sebuah pabrik terlebih dulu. Jasa makloon memberi kemudahan bagi pemilik bisnis untuk langsung memproduksi produknya tanpa harus memiliki pabrik terlebih dulu. Pemilik bisnis hanya perlu memilih jasa makloon yang tepat agar produk yang dihasilkan sesuai dengan standar. Lalu, dengan jasa makloon pemilik bisnis juga dapat menghemat biaya produksi karena tidak perlu dana untuk membangun pabrik, dana untuk membeli biaya produksi dan dana untuk mempekerjakan lebih banyak karyawan untuk membuat produk. Selain itu, jasa makloon juga dapat membuat pekerjaan pemilik bisnis lebih efisien karena hanya perlu fokus untuk membangun dan memperluas merek bisnis kepada konsumen.

Untuk memulai produksi menggunakan jasa makloon terdapat beberapa proses yang harus dilakukan pemilik bisnis seperti berikut ini.

  1. Memilih perusahaan jasa makloon yang tepat dan sesuai dengan jenis produk yang akan diproduksi. Jika produk kosmetik, maka pemilik bisnis perlu mencari perusahaan jasa makloon yang sudah memenuhi standar BPOM-RI.
  2. Mendiskusikan konsep produk yang akan diproduksi kepada perusahaan jasa makloon. Selain mendiskusikan konsep produk, pemilik bisnis juga perlu untuk mendiskusikan spesifikasi produk, bahan baku produk, sampel produk, perkiraan biaya produksi, lama proses produksi, dan lain sebagainya. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi kesalahpahaman saat produk selesai diproduksi.
  3. Setelah diskusi selesai, biasanya perusahaan jasa makloon akan mengirimkan produk sampel untuk dievaluasi oleh pemilik bisnis. Pemilik bisnis dapat memberikan saran atau masukan kepada perusahaan jasa makloon jika ada hal yang perlu dikoreksi.
  4. Bila hasil produk sampel telah disetujui, maka perusahaan jasa makloon dapat memproduksi produk secara massal. Jumlahnya sesuai dengan kesepakatan bersama dengan pemilik bisnis.
  5. Selanjutnya, jika produk membutuhkan sertifikasi tertentu perusahaan jasa makloon biasanya juga dapat membantu membuat sertifikasi dan perizinan.
  6. Produk yang telah selesai diproduksi dapat langsung dipasarkan oleh pemilik bisnis.

Proses yang telah dijabarkan di atas adalah proses umum yang biasanya dilakukan oleh perusahaan jasa makloon. Namun, beberapa perusahaan jasa makloon memiliki ketentuannya sendiri di luar hal-hal yang dijabarkan di atas yang bisa didiskusikan terlebih dulu.

Sebelum menggunakan jasa makloon terdapat beberapa istilah yang harus dipahami pemilik bisnis agar dapat menentukan jasa makloon yang akan digunakan.

  1. Toll manufacturing

Toll manufacturing adalah perusahaan penyedia jasa makloon dengan ciri utama yaitu manufaktur hanya memberikan pelayanan produksi saja, tanpa menyediakan bahan baku produksi. Pemilik bisnis yang menggunakan jasa makloon ini, pelangganlah yang menyediakan bahan baku produksi dan menentukan spesifikasi produk serta jumlah produksinya.

  1. Contract manufacturing

Berbeda dengan toll manufacturing yang hanya memberikan pelayanan produksi saja, jasa makloon ini sekaligus menyediakan bahan baku produksi sehingga resiko persediaan bahan ada pada manufaktur tersebut. Contract manufacturing disebut pula sebagai jasa makloon fungsi terbatas atau makloon sebagian. Makloon sebagian adalah jasa pembuatan produk dimana pabrik menyediakan fasilitas produksi, sedangkan bahan baku dan bahan penunjang disuplai oleh vendor.

  1. Fully fledged manufacturing

Fully fledged manufacturing adalah jenis jasa makloon yang paling lengkap. Perusahaan yang menerapkan fully fledged manufacturing akan bertanggung jawab dalam penyediaan bahan baku, proses produksi, dan menanggung resiko yang terkait dengan penjualan produk. Fully fledged manufacturing ini juga disebut sebagai pabrikan makloon penuh.

  1. Job by order makloon

Job by order makloon adalah jenis jasa makloon yang hanya menerima pembuatan produk atau melakukan proses produksi jika sudah menerima pesanan atau orderan dari pemilik bisnis yang menggunakan jasanya.

Baca juga artikel lainya: Makloon Kosmetik: Solusi Cerdas untuk Pengembangan Produk Kosmetik yang Sukses

  1. CMT (Cut, Make, Trim)

Cut make trim adalah jenis jasa makloon yang biasanya berkaitan erat dengan industri konveksi. Pemilik bisnis yang ingin berkecimpung di dunia fashion dan membutuhkan jasa makloon di bidang konveksi pasti nantinya akan menemukan istilah ini. Biasanya jenis jasa makloon CMT ini hanya melakukan proses produksi pembuatan garmen saja, tidak termasuk kepada proses pra-produksi seperti pengembangan material, penyediaan bahan, perencanaan biaya, perencanaan desain, pembuatan pola, dan sebagainya.

  1. Formulation dan Sampling

Jika CMT berkaitan erat dengan industri konveksi, maka berbeda dengan formulation dan sampling. Formulation dan sampling adalah jenis jasa makloon yang berkaitan erat dengan industri makanan, obat-obatan, dan kosmetik. Jenis jasa makloon ini biasanya akan meracik formula dari produk yang diinginkan terlebih dulu sesuai dengan hasil diskusi antara penyedia jasa dengan pemilik bisnis sebelum melakukan produksi massal. Jika formulasi yang telah diracik cocok dengan pemilik bisnis, penyedia jasa akan melanjutkannya dengan pembuatan sampling produk. Setelah sampling produk disetujui, barulah penyedia jasa makloon melakukan produksi massal.

  1. ODM dan OEM

ODM atau original design manufacturer dan OEM atau original equipment manufacturer adalah dua istilah yang sering muncul dalam berbagai aktivitas promosi dari penyedia jasa makloon. ODM atau original design manufacturer sendiri adalah penyedia jasa makloon dimana pemilik bisnis bebas untuk menentukan desain atau spesifikasi dari produk yang akan mereka jual nanti. Hal-hal yang bebas ditentukan oleh pemilik bisnis tersebut termasuk ke dalam penggunaan bahan apa saja dalam produk tersebut, manfaatnya apa, bagaimana teksturnya, warnanya akan seperti apa, dan sebagainya.

Sebaliknya, OEM atau original equipment manufacturer sendiri adalah penyedia jasa makloon dimana pemilik bisnis tidak dapat dengan bebas untuk menentukan desain atau spesifikasi dari produk yang akan mereka jual nanti. Penyedia jasa makloon ini biasanya akan langsung memproduksi suatu produk atau beberapa jenis produk, tetapi tanpa label merek. Oleh karena itu, pemilik bisnis nantinya dapat mengklaim produk yang telah dibuat oleh penyedia jasa makloon OEM atau original equipment manufacturer sebagai produk mereka sendiri dan menambah label merek mereka sendiri. Pemilik bisnis yang menggunakan jasa maklon OEM atau original equipment manufacturer biasanya hanya perlu mengurus berbagai perizinan seperti izin BPOM sebelum mereka dapat menjual produk dengan label merek mereka sendiri ke konsumen.

Sebagai pemilik bisnis, Anda sebaiknya dapat mempertimbangkan jasa makloon seperti apa yang dibutuhkan untuk bisnis Anda.

Kami jasapengemasan.com menyediakan berbagai jasa pengemasan dan telah berpengalaman lebih dari 7 tahun. Apabila Anda membutuhkan jasa pengemasan di Bandung hubungi kami untuk informasi lebih lanjut mengenai jasa kami silahkan hubungi WA kami di 0852-1196-5389 | 0811-2208-090 Free konsultasi untuk Anda yang masih bingung dengan jenis kemasan atau jasa kemasan yang cocok untuk Anda!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEnglish