06 September

JASA PENGEMASAN – Pengemasan merupakan suatu cara pengamanan terdahap produk makanan ataupun bahan pangan, sehingga makanan ataupun bahan pangan dapat sampai ke tujuan sebelum akhirnya diolah. Pengemasan membuat produk “aman” secara kuantitas maupun kualitas. Kemasan menjadi hal paling pertama dilihat oleh calon konsumen sebelum benar-benar memperhatikan produk di dalamnya. Sebaiknya, pengemasan dilakukan menggunakan kemasan yang baik dan menarik.

ilustrasi kemasan menarik

Tips Pengemasan yang Baik dan Menarik

Kemasan sebagai tempat
Fungsi utama pengemasan sebagai wadah memang sudah menjadi rahasia umum ya. Sebagai contoh ketika kita membeli suatu produk air mineral, maka sudah sangat jelas bahwa produk itu dikemas menggunakan botol plastik atau gallon ya bukan dari kertas. Setelah itu barulah dikemas menggunakan pengemas kedua yakni terbuat dari kertas karton sebagai dus.

Kemasan dapat melindungi
Suatu barang sangat besar pengaruhnya terhadap penjualan, oleh karena itu perlu pembungkus yang dapat melindungi baik pada waktu masih di gudang, dalam pengangkutan maupun pengendaraan di gudang. Bila kemasan mampu melindungi barang-barang tersebut maka kualitas barang-barang tersebut maka kualitas barang-barang akan lebih terjamin sehingga kelancaran penjual dapat di tingkatkan.

Kemasan harus praktis
Makna praktis disini adalah kemasan tersebut harus mudah dibawa, mudah dipindah, dan tidak menyulitkan penggunanya.

Kemasan harus menimbulkan kesan
Kesan pertama suatu produk terletak pada kemasannya. Jadi, sebisa mungkin buatlah kemasan yang unik sehingga menimbulkan kesan.

Ukuran kemasan proporsional
Ukursan kemasan diusahakan proporsional menyesuaikan dengan ukuran produk yang akan dikemas sehingga tidak menimbulkan kejanggalan

Menimbulkan pengakuan
Suatu perusahaan memperhatikan pengaruh kemasan terhadap kemasan terhadap biaya pengangkut. Bila kemasan tersebut berkesan berat maka biaya pengangkutnya akan mahal, tapi apabila kemasan kecil maka biaya pengangkutnya akan berkurang.

Menimbulkan prestige
Pembungkus yang menarik secara otomatis akan dapat menimbulkan percaya diri meskipun demikian kita harus memperhatikan masalah ini. Hal-hal utama yang dipakai untuk kado, misalnya biskuit tertentu,ada tempat indah, menarik, sehingga pembeli biskuit tersebut akan naik harga dirinya. Sebab bila kita rasakan isinya, tak jauh beda dengan lainnya.

Baca: Membahas Lebih Tentang Kemasan Roll Aluminium Foil

Di beberapa toko makanan masih menggunakan kemasan dari kertas koran yang sudah lecek, sehingga si pembeli merasa malu untuk membawa produk tersebut di hadapan umum. Hal demikian sebenarnya berpengaruh pada omset si pemilik toko. Karena jika dikemas dengan kemasan berbahan menarik pastinya pembeli akan merasa percaya diri.

Kemasan berisi informasi
Kemasan yang digunakan sebaiknya tidak hanya sekedar pembungkus tanpa identitas, melainkan harus mengandung informasi dan prospek pelayanan toko atau pun barang yang di jual. Informasi yang tercantum misalnya nama toko dan alamatnya pusat maupun cabang. Prospek layanan misal nya sales, service, dan aksesoris. Kalau informasi tersebut dicantumkan sudah tentu kemasan tersebut mengandung nilai promosi buat para pelanggan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.