05 April

pengemasan

Apa Itu Pengemasan & Jasa Pengemasan?
Mendengar istilah pengemasan, pasti yang terlintas di pikiran Anda adalah sebuah alat atau cara yang digunakan untuk membungkus benda, bisa berupa makanan atau benda lainnya. Pengemasan itu sendiri dilakukan mempunyai tujuan yang bermacam- macam, sesuai dengan jenis dari barang atau benda yang dikemas tadi.

Pengemasan itu sendiri sekarang ini menjadi sesuatu yang penting di dalam dunia industri dan pemasaran. Karena pengemasan sangat menentukan dalam keberhasilan sebuah usaha pemasaran. Dimana sebuah hasil produksi akan diminati konsumen apabila dikemas secara benar dan menarik.

Tujuan pengemasan
Pengemasan itu sendiri dilakukan dengan suatu maksud atau tujuan. Dan tujuan dari pengemasan itu biasanya berbeda-beda sesuai dari masing-masing pihak atau produsen yang melakukan pengemasan terhadap produk tersebut. Adapun tujuan dari pengemasan sebuah produk, diantaranya ada di bawah ini. 1. Melindungi bahan dari kerusakan
Tujuan utama dari pengemasan biasanya adalah untuk melindungi barang tersebut dari kerusakan. Misalnya untuk sebuah produk makanan, tujuan pengemasan adalah untuk melindungi makanan tersebut dari kerusakan. Baik kerusakan karena cuaca, maupun kerusakan karena kuman dan bakteri yang akan merusak produk makanan tersebut.

2. Memudahkan distribusi barang
Pengemasan juga bertujuan memudahkan distribusi barang untuk bisa sampai ke tangan konsumen. Seperti diketahui, sebuah barang hasil produksi membutuhkan waktu untuk bisa sampai ke tangan konsumen. Dalam hal ini pengemasan barang sangat diperlukan agar barang bisa sampai ke tangan konsumen dalam keadaan utuh, terjaga, dan tidak berkurang kualitas maupun kuantitasnya.

3. Nilai estetika
Selain melindungi barang dari resiko kerusakan, pengemasan juga dibutuhkan sebagai daya tarik sebuah produk agar diminati konsumen. Seperti diketahui, penampilan sebuah produk menentukan apakah produk tersebut diminati konsumen atau tidak. Pengemasan yang menarik akan membuat produk tersebut banyak diminati konsumen.

Baca : Jasa Pengemasan Produk Sachet Rekomendasi UMKM Pemula di Bandung

Dengan alasan tersebut, maka pihak produsen berusaha untuk mengemas hasil produksinya dengan cara semenarik mungkin agar bisa menarik minat konsumen. Karena sudah menjadi rahasia umum, konsumen akan memilih sebuah produk yang dikemas dengan menarik. Dengan alasan tersebut, maka pengemasan produk menjadi kunci keberhasilan sebuah produksi untuk menarik minat konsumen.

Syarat pengemasan
Memilih bahan pengemasan harus dilakukan dengan hati-hati dan harus memenuhi beberapa kriteria. Karena bahan pengemasan juga akan menentukan kualitas dari barang atau produk yang dikemas. Beberapa kriteria pemilihan bahan pengemasan diantaranya adalah, bahan pengemasan terbuat dari bahan yang aman untuk kesehatan. Dalam arti, pengemasan tidak akan membahayakan kesehatan bagi pemakai produk tersebut.

Selain itu, bahan pengemasan juga tidak mengandung racun, tidak menimbulkan reaksi berbahaya pada produk yang dikemas, kedap air dan kedap udara sehingga bisa melindungi produk dari bakteri dan kuman, juga mempunyai nilai estetika sehingga bisa menarik minat konsumen.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEnglish